Renungan Harian 11 Februari 2023

Maka berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Buatlah ular tedung dan taruhlah itu pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap hidup.”

Bilangan 21:8 

Bagian ini menceritakan hukuman Allah kepada umat Israel yang melawan Dia. Perlawanan mereka kepada Allah didasari atas rasa tidak puas terhadap apa yang sudah Allah berikan kepada mereka (menjadi bangsa yang merdeka, pemeliharaan di padang gurun dengan manna). Karena hal tersebut, Allah menyatakan hukuman-Nya dengan mengirim ular tedung ke tengah-tengah umat Israel, sehingga banyak orang Israel mati karena dipagut ular tersebut. Meski demikian, Allah tetap menyatakan belas kasih-Nya dengan memberikan alat keselamatan (ular tembaga) kepada umat Israel ketika mereka bertobat dan mengakui keberdosaannya kepada Tuhan.

Dari bagian ini kita dapat belajar untuk merasa puas dengan apa yang Allah berikan (dalam bentuk apa pun) kepada kita, sehingga kita tidak jatuh kepada dosa dan perlawanan kepada Tuhan. Jikalau pun akhirnya kita jatuh ke dalam dosa, Allah mau agar kita mengaku dosa dan memohon belas kasih-Nya, dan Ia menghendaki agar pandangan kita tertuju kepada alat anugerah dari-Nya.

-dk-