Hamba Tuhan

Pdt. Dr. Stephen Tong

Pendiri GRII

Pdt. Dr. Stephen Tong melayani Tuhan sejak tahun 1957, baik di dalam bidang penginjilan, teologi, maupun penggembalaan. Pelayanan beliau yang telah terbukti menjadi berkat bagi zaman ini telah menarik perhatian banyak pemimpin gereja, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Perhatian tersebut khususnya ditujukan kepada Reformed Theology yang senantiasa beliau tegaskan. Sejak tahun 1974, beliau mengadakan seminar-seminar di Surabaya. Pada tahun 1984, beliau mulai mengadakan Seminar Pembinaan Iman Kristen (SPIK) di Jakarta, untuk menegakkan doktrin Reformed dan semangat Injili. SPIK dipimpin Tuhan untuk menjadi pendahuluan bagi berdirinya Lembaga Reformed Injili Indonesia (LRII) pada tahun 1986, di mana Pdt. Dr. Stephen Tong mengajak Pdt. Dr. Yakub Susabda dan Pdt. Dr. Caleb Tong untuk menjadi pendiri bersama.

Selain memimpin SPIK, Pdt. Dr. Stephen Tong juga mendirikan Sekolah Teologi Reformed Injili (STRI) Surabaya (1986), STRI Jakarta (1987), dan STRI Malang (1990). Beliau juga memperluas seminar-seminar pembinaan iman tersebut ke kota-kota besar lainnya di Indonesia dan kota-kota di luar negeri, yang pelaksanaannya diserahkan kepada Stephen Tong Evangelical Ministries International (STEMI). Sejak tahun 1998 sebagai Rektor Institut Reformed. Selain menegakkan doktrin Reformed di Indonesia, beliau juga pernah menjadi dosen tamu pada seminari-seminari di luar negeri, termasuk di China Graduate School of Theology di Hong Kong (1975 dan 1979), China Evangelical Seminary di Taiwan (1976), Trinity College di Singapura (1980, dan memberikan ceramah-ceramah termasuk di Westminster Theological Seminary, Regent College dan lain-lain di Amerika Serikat. Di samping itu, Pdt. Dr. Stephen Tong pernah menjabat sebagai dosen teologi dan filsafat di Seminari Alkitab Asia Tenggara (1964-1988), pendiri STEMI (1979), pendiri Jakarta Oratorio Society (1986), pendiri Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) pada tahun 1989, Gembala Sidang GRII Pusat, ketua Sinode GRII, pendiri Institute Reformed for Christianity and the 21st Century (1996) di Indonesia dan Amerika, Christian Drama Society (1999).

Pdt. Sutjipto Subeno

Gembala Sidang

Pdt Sutjipto Subeno (S.Th, M.Div. M.Th., D.Th (cand.)), dilahirkan tahun 1959 di Jakarta. Ketika bekerja sambil kuliah di Fakultas Teknik Elektro Universitas Trisakti, dipanggil menjadi hamba Tuhan melalui pelayanan Pdt. Dr. Stephen Tong. Masuk Seminari Alkitab Asia Tenggara, tahun 1985, dan lulus Sarjana Teologi (S.Th.) dari STT Reformed Indonesia (d/h. STT Reformed Injili Indonesia) di Jakarta di tahun 1995. Pada tahun 1996 lulus Magister Divinitas (M.Div) dari sekolah yang sama. Ditahbiskan dan melayani menjadi gembala sidang di Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) di Surabaya pada tahun 1996. Pada tahun 2011 beliau menyelesaikan studi Magister Teologi (M.Th) di STT Reformed Injili Internasional (d/h. Institute Reformed) dan saat ini sedang menyelesaikan program Doktor Theology (D.Th.) di sekolah yang sama. Beliau sudah melayani baik sebagai pengkhotbah awam maupun pembimbing KTB (Kelompok Tumbuh Bersama) sejak sebelum sekolah theologi. Setelah studi, beliau mulai bergabung di dalam Gerakan Reformed Injili Indonesia, dalam pelayanan literatur sejak 1989. 

Merintis penerbitan Momentum pada tahun 2001 dan menjadi Direktur Penerbitan Momentum hingga tahun 2015, Menjadi Gembala Sidang GRII Andhika. Merintis dan menjadi gembala MRII Kertajaya, MRII Citra Raya dan MRII Sidoarjo (1996-2015). Merintis dan menjadi Gembala Sidang di GRII Denpasar (2005-sekarang), dan menjadi Gembala Sidang GRII Bintaro (2016-sekarang). Merintis dan menjadi direktur IRECS/SKRII (International Reformed Evangelical Correspondence Study/Studi Koresponden Reformed Injili Internasional) sebuah sekolah teologi awam secara korespondensi (1999-sekarang). Mendirikan Sekolah Kristen Logos di Surabaya pada tahun 2005 dan menjadi pembina hingga 2015. Membina Sekolah Kristen Logos di Bintaro Jakarta mulai tahun 2016. Beliau juga menjabat sebagai Kepala Admisi dan Direktur Program Studi Sarjana di STT Reformed Injili Internasional, sekaligus menjadi dosen pengajar. Beliau menikah dengan Ev. Susiana Jacob (Sm.Th), dan dikaruniai dua anak, Samantha Subeno (1994) dan Sebastian Subeno (1998).


Vik. Sanny Erlando

Hamba Tuhan

Vik. Sanny Erlando menyelesaikan studi sarjana ekonomi jurusan akuntansinya di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung, kemudian bekerja selama beberapa tahun dan terakhir di bidang keuangan. Sebagai responnya terhadap panggilan untuk menjadi hamba Tuhan sepenuh waktu, ia menempuh studi dalam bidang teologi di Institut Reformed (sekarang STT Reformed Injili Internasional) dalam program Magister Divinitas (MDiv) dan diselesaikan tahun 2007, dan saat ini sedang melanjutkan untuk program Magister Teologi (MTh) di seminari yang sama. Ia pernah melayani di beberapa cabang GRII, termasuk terakhir di GRII Andhika Surabaya dan MRII Sunter, dan SKRII (Studi Korespondensi Reformed Injili Internasional, (2014-sekarang), sebelum melayani di GRII Bintaro (2018-sekarang). Ia menikahi Vik. Susana Erlando dan mereka dikaruniai seorang puteri, Annabelle P. Erlando (2015).

Vik. Susana Erlando

Hamba Tuhan

Vik. Susana Erlando menyelesaikan sarjana sastra Inggrisnya di Universitas Methodist Indonesia Medan, lalu mengajar di Taman Kanak-kanak Methodist-2 Medan selama 5 tahun, sebelum kemudian belajar bahasa Mandarin di Tamkang University, Taipei, Taiwan dan memasuki studi teologi di China Reformed Theological Seminary, Taipei, yang ia lanjutkan di Institut Reformed (sekarang STT Reformed Injili Internasional) dalam program Magister Divinitas (MDiv) dan lulus tahun
2006. Ia pernah melayani di beberapa cabang GRII, dan sekarang melayani di STT Reformed Injili Internasional departemen Mandarin (2016-sekarang) dan GRII Bintaro (2018-sekarang). Bersama suaminya, Vik. Sanny Erlando, dikaruniai seorang puteri, Annabelle P. Erlando (2015).

Vik. Emilda Sihaloho

Hamba Tuhan

Vik. Emilda Sihaloho mendapatkan panggilan menjadi hamba Tuhan ketika masih bekerja sebagai Asisten Apoteker sambil menyelesaikan program studi S1 jurusan Psikologi dari Universitas Persada Indonesia, YAI. Beberapa tahun setelah menamatkan studi S1, beliau memantapkan diri memenuhi panggilan hamba Tuhan dengan masuk STTRII tahun 2014 dan lulus program M.Th pada tahun 2017. Pernah melayani 1 tahun di STTRII dan STRIJ setelah lulus dari STTRII. Dan sejak tahun 2015 pelayanan weekend di GRII Bintaro dan sejak Jan 2019 hingga saat ini beliau melayani full time di GRII Bintaro.