Renungan Harian 21 Januari 2022

Sebab itu Aku akan membuat Samaria menjadi timbunan puing   di padang, menjadi tempat penanaman pohon anggur. Aku akan   menggulingkan batu-batunya ke dalam lembah dan akan menyingkapkan   dasar-dasarnya.  (7)  Segala patungnya akan diremukkan, segala upah sundalnya akan dibakar, dan segala berhalanya akan Kuhancurkan; sebab dari upah sundal dikumpulkan semuanya itu, dan akan kembali menjadi upah sundal.

Mikha 1:6-7 

Allah murka kepada Kerajaan Israel (Utara) karena mereka telah menggeser posisi Allah dan diganti Baal. Kerajaan Israel tidak mau rakyatnya ke Yerusalem demi untuk menyembah Allah di Bait Allah, maka mereka membangun patung dewa di Betel dan Ai untuk membentengi rakyat mereka tidak keluar dari negara mereka dan membelot.

Penyembahan berhala adalah sama dengan perzinahan, karena umat Allah adalah mempelai wanita Allah. Umat Allah seharusnya hanya menyembah Allah dan taat kepada-Nya. Untuk itu Allah marah ketika umat-Nya menyembah berhala.

Dunia modern mungkin hanya sebagian orang yang masih menyembah berhala secara fisik, tetapi di dunia kontemporer, banyak berhala model baru yaitu semua hal yang menarik manusia dari menyembah Allah dan taat kepada pimpinan Allah yang sejati.

Kiranya melalui perenungan ini kita diingatkan kembali bagaimana Tuhan ingin kita mengasihi-Nya dengan segenap hati, segenap jiwa, dan segenap akal budi kita.

-ss-