Renungan Harian 04 Januari 2022

-sehat dan tidak bercela dalam pemberitahuanmu sehingga lawan menjadi malu, karena tidak ada hal-hal buruk yang dapat mereka sebarkan tentang kita.

Titus 2:8

Ajaran benar dan hidup benar tak bisa dipisahkan dan saling melengkapi. Orang tidak mungkin bisa hidup benar tanpa fondasi firman yang kuat dan sebaliknya, ajaran benar seharusnya menarik orang menghidupinya. Sebagai pemimpin jemaat, Titus adalah sasaran pertama yang digoyang Iblis. Bila Titus didapati bercela, Iblis dapat memakai pihak luar bahka jemaat menjadi provokator untuk membesar-besarkannya dan menjatuhkan gereja. Karenanya, hidup pemimpin yang penuh integritas diperlukan untuk menangkal serangan-serangan baik dari luar maupun dalam gereja sendiri.

Tak hanya pemimpin, jemaat juga diajak untuk dapat disiplin menghidupi Firman. Saat pemimpin dan jemaat sama-sama berusaha hidup benar di hadapan Tuhan, maka gereja menjadi ‘tahan peluru’. Kristus sendiri berkali-kali dicobai orang Farisi dan ahli Taurat tapi mereka tidak bisa menuntut-Nya karena tidak dapat menemukan kesalahan-Nya. Walau membenci-Nya, hati mereka mengakui bahwa seluruh perkataan dan tindakan Kristus adalah kebenaran. Mari belajar dan diproses untuk menghidupi firman hari demi hari agar Tuhan dipermuliakan.

-cha-